Selasa, 15 Mei 2018

Jurnal SWABUMI Vol. 6 No. 1 (Maret 2018) ISSN: 2355-990X


SISTEM INFORMASI AKADEMIK SEKOLAH BERBASIS WEBSITE
(Studi Kasus: SMK 11 Maret Jakarta)

Dicky Hariyanto1 Tania Meidiany2 

Program Studi Manajemen Informatika, AMIK BSI Bogor
Jl. Merdeka No, 168 Bogor Tengah – Kota Bogor

Abstract
Along with the development of science and technology today, where we are no longer limited time and place. Humans are increasingly facilitated in obtaining information. The human need for information at this time becomes so easily fulfilled with the internet, which allows us to transfer information in just minutes. Time and space do not matter to those who are away from information sources. In the vocational school 11 March Jakarta during this information system about the school is still delivered directly to students or teachers or use the media as a delivery of ketas school information. So also with the value of students are still delivered directly to students or parents of students. And on assignment to students is still given directly by the teacher when teaching in class. Thus the authors completed the Final Project by making the Design of Academic Information Systems Web-Based School at SMK 11 March Jakarta by using Adobe DreamWeaver. This Academic Information System will make it easier for the school in helping teachers to tell students about grades and assign tasks to students easily, and students can easily see their value through the web.

Intisari
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, dimana kita tidak lagi dibatasi waktu dan tempat. Manusia semakin dimudahkan dalam memperoleh suatu informasi. Kebutuhan manusia akan informasi pada saat ini menjadi begitu mudah terpenuhi dengan adanya internet, yang memungkinkan  kita melakukan transfer informasi hanya dalam hitungan menit. Waktu dan ruang tidak menjadi persoalan bagi mereka yang jauh dari sumber informasi. Pada sekolah SMK 11 Maret Jakarta selama ini sistem informasi tentang sekolah masih disampaikan secara langsung kepada siswa maupun guru atau menggunakan media ketas sebagai penyampaian informasi sekolah. Begitu juga dengan nilai siswa masih disampaikan secara langsung kepada siswa atau orang tua siswa. Dan pada pemberian tugas kepada siswa masih diberikan secara langsung oleh guru ketika mengajar dikelas. Dengan begitu penulis menyelesaikan Tugas Akhir dengan membuat Perancangan Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Web Pada Sekolah SMK 11 Maret Jakarta dengan menggunakan Adobe dreamwaever. Sistem Informasi Akademik ini akan memudahkan bagi pihak sekolah dalam membantu guru untuk memberitahukan tentang nilai siswa dan memberikan tugas kepada siswa dengan mudah, dan siswa pun dapat dengan mudah melihat nilainya melalui web.

I. PENDAHULUAN
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting, karena dengan pendidikan suatu negara akan maju. Hal yang terpenting untuk memajukan suatu negara adalah adanya penerus bangsa yang berkualitas, serta tenaga kerja yang siap pakai. Untuk itu diperlukan adanya sekolah yang bermutu agar dapat berperan membantu pemerintah dalam mendapatkan sumber daya manusia yang siap pakai, maka SMK 11 Maret Jakarta dapat melahirkan sumber daya sebagai generasi bangsa yang siap pakai untuk membangun bangsa dan negara Indonesia agar lebih maju.
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, dimana kita tidak lagi dibatasi waktu dan tempat. Manusia semakin dimudahkan dalam memperoleh suatu informasi. Kebutuhan manusia akan informasi pada saat ini menjadi begitu mudah terpenuhi dengan adanya internet, yang memungkinkan  kita melakukan transfer informasi hanya dalam hitungan menit. Waktu dan ruang tidak menjadi persoalan bagi mereka yang jauh dari sumber informasi.
Pada sekolah SMK 11 Maret Jakarta selama ini sistem informasi tentang sekolah masih disampaikan secara langsung kepada siswa maupun guru atau menggunakan media kertas sebagai penyampaian informasi sekolah. Begitu juga dengan nilai siswa masih disampaikan secara langsung kepada siswa atau orang tua siswa. Sama halnya pada pemberian tugas kepada siswa masih diberikan secara langsung oleh guru ketika mengajar dikelas.


II. TINJAUAN PUSTAKA
1.      Sistem Informasi
“Sistem Informasi merupakan kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak komputer serta perangkat manusia yang akan mengolah data menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak tersebut” [4]
2.      Website
“Website atau disingkat web, dapat diartikan sekumpulan halaman yang terdiri dari beberapa laman yang berisi informasi dalam bentuk data  digital baik berupa text, gambar, video, audio, dan animasi lainnya yang disediakan melalui jalur koneksi internet. Lebih jelasnya, website merupakan halaman-halaman yang berisi informasi yang ditampilkan oleh browser seperti firefox, Google Chrome atau yang lainnya” [1]
3.      Web Browser
Web browser digunakan untuk menampilkan hasil website yang telah dibuat. Web browser yang paling sering digunakan diantaranya adalah Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Safari” [1]
4.      Web Server
Web Server merupakan software yang memberikan layanan data yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML”. [3]
5.      Bahasa Pemrograman
a.       Personal Home Page (PHP)
“PHP merupakan secara umum dikenal sebagai bahasa pemprograman script-script yang membuat dokumen HTML seacara on the fly yang dieksekusi diserver web, dokumen HTML yang dihasilkan dari suatu aplikasi bukan dokumen HTML Yang dibuat dengan menggunakan editor teks atau editor HTML. Dikenal juga sebagai bahasa pemprograman server side“ [7]
b.      Cascading Style Sheet (CSS)
“CSS (Cascading Style Sheet) merupakan salah satu bahasa pemprograman web yang digunakan untuk mempercantik halaman web dan mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam” [3]
c.       Basis Data
“Sistem basis data adalah sistem terkomputerisasi yang tujuan utamanya adalah memelihara data yang sudah diolah atau informasi dan membuat informasi tersedia saat dibutuhkan” [2]
d.      MySQL
“MySQL adalah sistem manajemen database SQL yang bersifat open source dan paling populer saat ini. Sistem Database MySQL mendukung beberapa fitur sebagai multithreaded, multi-user dan SQL database managemen system (DBMS). Database ini buat untuk keperluan sistem database yang cepat, handal dan mudah digunakan”. [5]
6.      Peralatan Pengembang Sistem
a.       UML (Unifed Modeling Language)
“Pada perkembangan teknik pemrograman beriorintasi objek, munculah sebuah standarisasi bahasa pemodelan untuk pembangunan perangkat lunak yang dibangun dengan menggunakan teknik pemrograman berorientasi objek, yaitu Unifed Modeling Language” [6]
b.      ERD (Entity Relationship Diagram)
“ERD adalah suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi. Entity Relationship Diagram (ERD) dikembangkan berdasarkan teori himpunan dalam bidang matematika. ERD digunakan untuk pemodelan basis data relasional. Sehingga jika penyimpanan basis data menggunakan Object Oriented DBMS (OODBMS) maka perancangan basis data tidak perlu menggunakan ERD.” [6]

III. METODE PENELITIAN
“Model SDLC air terjun (waterfall) sering juga disebut sekuensial linier (sequential linier) atau alur hidup klasik (classic life cycle)” [2].
Model air terjun menyediakan pendekatan alur hidup perangkat lunak secara sekeuensial atau terurut dimulai dari analisis, desain, pengodean, pengujian, dan tahap pendukung (support). Model waterfall dapat dilihat pada gambar di bawah ini:
Sumber: Rosa dan Salahuddin (2013)
 Gambar 1. Mode Waterfall



1.      Analisis kebutuhan perangkat lunak
Proses pengumpulan kebutuhan dilakukan secara intensif untuk mespesifikasi kebutuhan perangkat lunak agar dapat dipahami perangkat lunak seperti apa yang dibutuhkan oleh user. Spesifikasi kebutuhan perangkat lunak pada tahap ini perlu di dokumentasikan.
2.      Desain
            Desain perangkat lunak adalah proses multi langkah yang fokus pada desain pembuatan program perangkat lunak termasuk struktur data, artsitektur perangkat lunak, representasi antarmuka, dan prosedur pengkodean. Tahap ini mentranslasi desai agar dapat diimplementasikan menjadi program pada tahap selanjutnya. Desain program perangkat lunak yang dihasilkan, pada tahap ini juga perlu didokumentasikan.
  3.  Pembuatan Kode Program
    Desain harus ditranslasikan kedalam program perangkat lunak. Hasil dari tahap ini adalah program komputer sesuai desain yang telah dibuat pada tahap desain. Program yang digunakan yaitu Adobe Dreamwaever.
4.      Pengujian
Pengujian fokus pada perangkat lunak secara dari segi lojik dan memastikan bahwa semua bagian sudah diuji. Hal ini yang dilakukan untuk menimalisir kesalahan (error) dan memastikan keluaran yang dihasilkan sesuai dengan yang diinginkan.
5.      Pendukung (support) atau Pemeliharaan (maintenance)
Tidak memungkinkan sebuah perangkat lunak mengalami perubahan ketika sudah dikirimkan ke user. Perubahan biasa terjadi karena adanya kesalahan yang muncul dan tidak terdeteksi saat pengujian atau peragkat lunak harus beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Tahap pendukung atau pemeliharaan dapat mengulangi proses pengembangan mulai dari analisis spesifikasi untuk perubahan perangkat lunak yang sudah ada, tapi tidak untuk membuat perangkat lunak baru.


IV. HASIL DAN PEMBAHASAN
1.      Analisis Kebutuhan Pengguna
Menganalisa kebutuhan siapa saja yang dapat menggunakan sistem informasi ini berguna untuk mengelompokkan fungsi dan fasilitas yang bisa digunakan dari masing-masing pengguna. Terdapat 3 jenis pengguna yang bisa mengakses dan memanfaatkan fasilitas yang terdapat pada website sistem informasi akademik, sebagai berikut:
             a.       Admin
1)      Dapat login ke dalam halaman khusus administrator
2)      Menambah, mengubah, menghapus data admin, guru, siswa, kelas, matapelajaran, jadwal mengajar, artikel
            b.      Guru
1)      Dapat login ke dalam halaman khusus Guru
2)      Melihat jadwal mengajar
3)      Memasukkan data nilai siswa
4)      Mengunggah soal untuk tugas siswa
5)      Mengunduh jawaban tugas siswa
 c.       Siswa
1)      Dapat login ke dalam halaman khusus Siswa
2)      Melihat & mencetak nilai
3)      Mengunduh soal tugas dari guru
4)      Mengunggah jawaban tugas
5)      Melihat informasi sekolah

2.      Perancangan Perangkat Lunak
Merupakan penjelasan rinci yang berkaitan dengan tampilan antar muka seluruh program, basis data, struktur navigasi, implementasi sebagai berikut:
 A.       Rancangan Antar Muka
1)      Rancangan antar muka index / menu utama
Sumber: Hasil Penelitian (2017)
Gambar 2. Antar Muka Index

 2)    Rancangan Antar Muka Login Admin
 Sumber: Hasil Penelitian (2017)
Gambar 3. Antar Muka Login

 3)    Rancangan Antar Muka Home Admin
Sumber: Hasil Penelitian (2017)
Gambar 4. Antar Muka Home Admin
        B. Rancangan Basis Data

Sumber: Hasil Penelitian (2017)
Gambar 5. Entity Relationship Diagram





Sumber: Hasil Penelitian (2017)
Gambar 6. Logical Record Structure

        C. Implementasi
            1. Halaman antar muka index / menu utama

Sumber: Hasil Penelitian (2017)
Gambar 7. Halaman Antar Muka Index

            2. Halaman antar muka login

Sumber: Hasil Penelitian (2017)
Gambar 8. Halaman Antar Muka Login Admin

 
            3. Halaman antar muka home admin

Sumber: Hasil Penelitian (2017)
Gambar 9.  Halaman Antar Muka Home Admin

 
V. KESIMPULAN
Berdasarkan pembahasan pada bab-bab sebelumnya, penulis menarik kesimpulan mengenai Sistem Informasi Akademik pada SMK 11 Maret Jakarta sebagai berikut:
1.      Sistem Informasi Akademik sekolah diharapkan mampu untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya
2.      Sistem Informasi Akademik sekolah dapat membantu dan mempermudah dalam menyampaikan informasi kepada guru dan siswa
3.      Website sekolah ini guru dapat memberikan tugas untuk siswa dan memberikan nilai langsung melalui website

VI. REFERENSI
[1] Abdulloh, Rohi. 2015 . Web Programing is Easy. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
[2] A.S Rosa,  M. Shalahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstuktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
[4] Bekti, Humaira’ Bintu. 2015. Mahir membuat website dengan Dreamwaever CS6, CSS, dan Jquery. Yogyakarta : CV Andi Offset.
[5] Kristanto, Andri. 2008. Perancangan Sistem Informasi dan aplikasinya. Jogjakarta : Gava
      Media
[6] MADCOMS. 2016. Pemprograman PHP dan MySQL untuk Pemula. Yogyakarta: Andi.
[7] Sukamto, Rosa, Ariani, Muhammad Shalahudin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak  
      Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika Bandung
[8] Sidik, Betha. 2017. Pemprograman web dengan PHP7. Bandung: Informatika.

Link:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar