SISTEM INFORMASI
AKADEMIK SEKOLAH BERBASIS WEBSITE
(Studi Kasus: SMK
11 Maret Jakarta)
Dicky Hariyanto1 Tania
Meidiany2
Program Studi Manajemen
Informatika, AMIK BSI Bogor
Jl. Merdeka No, 168 Bogor Tengah –
Kota Bogor
Abstract
Along with the
development of science and technology today, where we are no longer limited
time and place. Humans are increasingly facilitated in obtaining information.
The human need for information at this time becomes so easily fulfilled with
the internet, which allows us to transfer information in just minutes. Time and
space do not matter to those who are away from information sources. In the
vocational school 11 March Jakarta during this information system about the
school is still delivered directly to students or teachers or use the media as
a delivery of ketas school information. So also with the value of students are
still delivered directly to students or parents of students. And on assignment
to students is still given directly by the teacher when teaching in class. Thus
the authors completed the Final Project by making the Design of Academic
Information Systems Web-Based School at SMK 11 March Jakarta by using Adobe
DreamWeaver. This Academic Information System will make it easier for the
school in helping teachers to tell students about grades and assign tasks to
students easily, and students can easily see their value through the web.
Intisari
Seiring
dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, dimana kita tidak
lagi dibatasi waktu dan tempat. Manusia semakin dimudahkan dalam memperoleh
suatu informasi. Kebutuhan manusia akan informasi pada saat ini menjadi begitu
mudah terpenuhi dengan adanya internet, yang memungkinkan kita melakukan transfer informasi hanya dalam
hitungan menit. Waktu dan ruang tidak menjadi persoalan bagi mereka yang jauh
dari sumber informasi. Pada sekolah SMK 11 Maret Jakarta selama ini sistem
informasi tentang sekolah masih disampaikan secara langsung kepada siswa maupun
guru atau menggunakan media ketas sebagai penyampaian informasi sekolah. Begitu
juga dengan nilai siswa masih disampaikan secara langsung kepada siswa atau
orang tua siswa. Dan pada pemberian tugas kepada siswa masih diberikan secara
langsung oleh guru ketika mengajar dikelas. Dengan begitu penulis menyelesaikan
Tugas Akhir dengan membuat Perancangan Sistem Informasi Akademik Sekolah
Berbasis Web Pada Sekolah SMK 11 Maret Jakarta dengan menggunakan Adobe dreamwaever. Sistem Informasi Akademik
ini akan memudahkan bagi pihak sekolah dalam membantu guru untuk memberitahukan
tentang nilai siswa dan memberikan tugas kepada siswa dengan mudah, dan siswa
pun dapat dengan mudah melihat nilainya melalui web.
I. PENDAHULUAN
Pendidikan merupakan hal yang sangat
penting, karena dengan pendidikan suatu negara akan maju. Hal yang terpenting
untuk memajukan suatu negara adalah adanya penerus bangsa yang berkualitas, serta
tenaga kerja yang siap pakai. Untuk itu diperlukan adanya sekolah yang bermutu
agar dapat berperan membantu pemerintah dalam mendapatkan sumber daya manusia
yang siap pakai, maka SMK 11 Maret Jakarta dapat melahirkan sumber daya sebagai
generasi bangsa yang siap pakai untuk membangun bangsa dan negara Indonesia
agar lebih maju.
Seiring dengan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi saat ini, dimana kita tidak lagi dibatasi waktu dan
tempat. Manusia semakin dimudahkan dalam memperoleh suatu informasi. Kebutuhan
manusia akan informasi pada saat ini menjadi begitu mudah terpenuhi dengan
adanya internet, yang memungkinkan kita
melakukan transfer informasi hanya dalam hitungan menit. Waktu dan ruang tidak
menjadi persoalan bagi mereka yang jauh dari sumber informasi.
Pada sekolah SMK 11 Maret Jakarta selama
ini sistem informasi tentang sekolah masih disampaikan secara langsung kepada
siswa maupun guru atau menggunakan media kertas sebagai penyampaian informasi
sekolah. Begitu juga dengan nilai siswa masih disampaikan secara langsung
kepada siswa atau orang tua siswa. Sama halnya pada pemberian tugas kepada
siswa masih diberikan secara langsung oleh guru ketika mengajar dikelas.
II. TINJAUAN
PUSTAKA
1.
Sistem
Informasi
“Sistem Informasi merupakan kumpulan
perangkat keras dan perangkat lunak komputer serta perangkat manusia yang akan
mengolah data menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak tersebut” [4]
2.
Website
“Website atau disingkat
web, dapat diartikan sekumpulan halaman yang terdiri dari beberapa laman yang
berisi informasi dalam bentuk data
digital baik berupa text, gambar, video, audio, dan animasi lainnya yang
disediakan melalui jalur koneksi internet. Lebih jelasnya, website merupakan
halaman-halaman yang berisi informasi yang ditampilkan oleh browser seperti
firefox, Google Chrome atau yang lainnya” [1]
3.
Web
Browser
“Web browser digunakan untuk menampilkan
hasil website yang telah dibuat. Web
browser yang paling sering digunakan diantaranya adalah Mozilla Firefox, Google
Chrome, dan Safari” [1]
4.
Web
Server
“Web
Server merupakan software yang
memberikan layanan data yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari
klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam
bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML”. [3]
5.
Bahasa
Pemrograman
a.
Personal
Home Page (PHP)
“PHP merupakan
secara umum dikenal sebagai bahasa pemprograman script-script yang membuat
dokumen HTML seacara on the fly yang
dieksekusi diserver web, dokumen HTML yang dihasilkan dari suatu aplikasi bukan
dokumen HTML Yang dibuat dengan menggunakan editor teks atau editor HTML.
Dikenal juga sebagai bahasa pemprograman server side“ [7]
b.
Cascading Style
Sheet (CSS)
“CSS
(Cascading Style Sheet) merupakan
salah satu bahasa pemprograman web yang digunakan untuk mempercantik halaman
web dan mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih
terstruktur dan seragam” [3]
c.
Basis
Data
“Sistem basis data adalah sistem
terkomputerisasi yang tujuan utamanya adalah memelihara data yang sudah diolah
atau informasi dan membuat informasi tersedia saat dibutuhkan” [2]
d.
MySQL
“MySQL adalah
sistem manajemen database SQL yang bersifat open source dan paling populer saat
ini. Sistem Database MySQL mendukung beberapa fitur sebagai multithreaded,
multi-user dan SQL database managemen system (DBMS). Database ini buat untuk
keperluan sistem database yang cepat, handal dan mudah digunakan”. [5]
6.
Peralatan
Pengembang Sistem
a.
UML
(Unifed Modeling Language)
“Pada perkembangan teknik pemrograman
beriorintasi objek, munculah sebuah standarisasi bahasa pemodelan untuk
pembangunan perangkat lunak yang dibangun dengan menggunakan teknik pemrograman
berorientasi objek, yaitu Unifed Modeling
Language” [6]
b.
ERD
(Entity Relationship Diagram)
“ERD
adalah suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data
berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi. Entity Relationship Diagram (ERD)
dikembangkan berdasarkan teori himpunan dalam bidang matematika. ERD digunakan untuk pemodelan basis
data relasional. Sehingga jika penyimpanan basis data menggunakan Object Oriented DBMS (OODBMS) maka
perancangan basis data tidak perlu menggunakan ERD.” [6]
III. METODE
PENELITIAN
“Model SDLC air terjun (waterfall) sering juga disebut
sekuensial linier (sequential linier) atau alur hidup klasik (classic life cycle)” [2].
Model air terjun menyediakan pendekatan alur hidup
perangkat lunak secara sekeuensial atau terurut dimulai dari analisis, desain,
pengodean, pengujian, dan tahap pendukung (support).
Model waterfall dapat dilihat pada gambar di bawah ini:
Sumber: Rosa dan Salahuddin (2013)
Gambar 1. Mode Waterfall
1.
Analisis
kebutuhan perangkat lunak
Proses
pengumpulan kebutuhan dilakukan secara intensif untuk mespesifikasi kebutuhan
perangkat lunak agar dapat dipahami perangkat lunak seperti apa yang dibutuhkan
oleh user. Spesifikasi kebutuhan
perangkat lunak pada tahap ini perlu di dokumentasikan.
2.
Desain
Desain perangkat lunak adalah proses
multi langkah yang fokus pada desain pembuatan program perangkat lunak termasuk
struktur data, artsitektur perangkat lunak, representasi antarmuka, dan
prosedur pengkodean. Tahap ini mentranslasi desai agar dapat diimplementasikan
menjadi program pada tahap selanjutnya. Desain program perangkat lunak yang
dihasilkan, pada tahap ini juga perlu didokumentasikan.
3. Pembuatan
Kode Program
Desain harus ditranslasikan kedalam
program perangkat lunak. Hasil dari tahap ini adalah program komputer sesuai
desain yang telah dibuat pada tahap desain. Program yang digunakan yaitu Adobe Dreamwaever.
4.
Pengujian
Pengujian fokus pada perangkat lunak
secara dari segi lojik dan memastikan bahwa semua bagian sudah diuji. Hal ini
yang dilakukan untuk menimalisir kesalahan (error)
dan memastikan keluaran yang dihasilkan sesuai dengan yang diinginkan.
5.
Pendukung
(support) atau Pemeliharaan (maintenance)
Tidak
memungkinkan sebuah perangkat lunak mengalami perubahan ketika sudah dikirimkan
ke user. Perubahan biasa terjadi
karena adanya kesalahan yang muncul dan tidak terdeteksi saat pengujian atau
peragkat lunak harus beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Tahap pendukung
atau pemeliharaan dapat mengulangi proses pengembangan mulai dari analisis
spesifikasi untuk perubahan perangkat lunak yang sudah ada, tapi tidak untuk
membuat perangkat lunak baru.
IV. HASIL DAN
PEMBAHASAN
1.
Analisis
Kebutuhan Pengguna
Menganalisa kebutuhan siapa saja yang
dapat menggunakan sistem informasi ini berguna untuk mengelompokkan fungsi dan
fasilitas yang bisa digunakan dari masing-masing pengguna. Terdapat 3 jenis
pengguna yang bisa mengakses dan memanfaatkan fasilitas yang terdapat pada
website sistem informasi akademik, sebagai berikut:
a.
Admin
1)
Dapat
login ke dalam halaman khusus administrator
2)
Menambah,
mengubah, menghapus data admin, guru, siswa, kelas, matapelajaran, jadwal
mengajar, artikel
b.
Guru
1)
Dapat
login ke dalam halaman khusus Guru
2)
Melihat
jadwal mengajar
3)
Memasukkan
data nilai siswa
4)
Mengunggah
soal untuk tugas siswa
5)
Mengunduh
jawaban tugas siswa
c.
Siswa
1)
Dapat
login ke dalam halaman khusus Siswa
2)
Melihat
& mencetak nilai
3)
Mengunduh
soal tugas dari guru
4)
Mengunggah
jawaban tugas
5)
Melihat
informasi sekolah
2.
Perancangan
Perangkat Lunak
Merupakan
penjelasan rinci yang berkaitan dengan tampilan antar muka seluruh program,
basis data, struktur navigasi, implementasi sebagai berikut:
A.
Rancangan
Antar Muka
1)
Rancangan
antar muka index / menu utama
Sumber: Hasil Penelitian (2017)
Gambar 2. Antar Muka Index
2) Rancangan Antar Muka Login Admin
Sumber: Hasil Penelitian (2017)
Gambar 3. Antar Muka Login
3) Rancangan Antar Muka Home Admin
Sumber: Hasil Penelitian (2017)
Gambar 4. Antar Muka Home Admin
B. Rancangan Basis Data
Sumber: Hasil Penelitian (2017)
Gambar 5. Entity Relationship Diagram
Sumber: Hasil Penelitian (2017)
Gambar 6. Logical Record Structure
C. Implementasi
1. Halaman antar muka index / menu utama
Sumber: Hasil Penelitian (2017)
Gambar 7. Halaman Antar Muka Index
2. Halaman antar muka login
Sumber: Hasil Penelitian (2017)
Gambar 8. Halaman Antar Muka Login Admin
3. Halaman antar muka home admin
Sumber: Hasil Penelitian (2017)
Gambar 9. Halaman Antar Muka Home Admin
V. KESIMPULAN
Berdasarkan pembahasan pada bab-bab sebelumnya,
penulis menarik kesimpulan mengenai Sistem Informasi Akademik pada SMK 11 Maret
Jakarta sebagai berikut:
1.
Sistem Informasi Akademik sekolah
diharapkan mampu untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya
2. Sistem
Informasi Akademik sekolah dapat membantu dan mempermudah dalam menyampaikan
informasi kepada guru dan siswa
3.
Website sekolah ini guru dapat
memberikan tugas untuk siswa dan memberikan nilai langsung melalui website
VI.
REFERENSI
[1] Abdulloh, Rohi. 2015 . Web
Programing is Easy. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
[2] A.S Rosa, M. Shalahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat
Lunak Terstuktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
[4]
Bekti, Humaira’ Bintu. 2015. Mahir membuat website dengan Dreamwaever CS6, CSS,
dan Jquery. Yogyakarta : CV Andi Offset.
[5] Kristanto,
Andri. 2008. Perancangan Sistem Informasi dan aplikasinya. Jogjakarta : Gava
Media
[6] MADCOMS. 2016. Pemprograman PHP dan MySQL
untuk Pemula. Yogyakarta: Andi.
[7]
Sukamto, Rosa, Ariani, Muhammad Shalahudin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak
Terstruktur dan Berorientasi Objek.
Bandung : Informatika Bandung
[8] Sidik, Betha. 2017. Pemprograman
web dengan PHP7. Bandung: Informatika.
Link:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar